Home » » Jenis atau macam-macam tanah

Jenis atau macam-macam tanah

Tanah itu sendiri mempunyai beberapa macam atau jenis tanah yang bisa didevinisikan dengan berbbagai jenis. Tanah merupakan tempat kita berpijak. Ada banyak sekali jenis tanah seperti tanah vulkanik, tanah humus, tanah gambus. Ada pun pengertian dari jenis tanah bisa saya jelaskan pada artikel di bawah ini.

Tanah vulkanik
Tanah vulkanik berasal dari endapan abu letusan gunung berapi. Ketika meletus, gunung merapi mengeluarkan abu dan lava. Abu yang di keluarkan bercampur dengan tanah. Inilah yang di sebut tanah vulanik. Tanah vulkanik sangat  subur. Tanah ini sangat baik untuk bercocok tanam. Tanah vulkanik dapat di temukan di lereng-lereng gunung berapi.

Tanah humus
Daun-daunan jatuh ke tanah kemudian membusuk. Setelah membusuk dedaunn itu bercampur dengan tanah. Campuran inilah yang di sebut tnah humus. Tanah humus disebut jugatanah organik. Tanah humus sangat subur dan baik untuk bercocok tanam. Kita dapat menemukan tanahhumus di hutan-hutan yang masih lebat.

Tanah gambut
Tanah gambut terbentuk dari tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan itu membusuk dan terimbun selama bertahun-tahun. Ciri tanah gambut adalah lunak dan basah. Tanah gambut kurang baikuntuk pertanian karena tidak subur. Tanah gambut banyak terdapat di Sumatra, Kalimantan, dan Papua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Materi Pendidikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger